Yuk, Tengok Sistem Pendidikan di Negara Lain!

Setiap Negara pastinya memiliki tujuan pendidikan yang sama, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Negaranya. Seperti di Indonesia yang menganut sistem pendidikan yang berorientasi pada nilai dengan jam belajar di sekolah kurang lebih 8 jam sehari dan ujian juga tugas yang menggunung. Eits, bukan berarti sistem pendidikan di Indonesia jelek, lho. Terbukti dari lahirnya pengajar-pengajar berprestasi nan kreatif dan prestasi-prestasi yang di raih pelajar Indonesia di olimpiade-olimpiade berskala nasional maupun internasional.

Nah, Hi-Mates, kira-kira kamu pernah ngebayangin gimana sistem pendidikan di Negara-negara lain nggak? Apa jam belajar mereka sepadat di Negara kita atau malah lebih singkat? Scroll down aja, yuk!

  1. Kanada
choiceinternational.in

Seperti di Indonesia, kebanyakan anak di Kanada memulai pendidikannya dari Taman Kanak-Kanak pada usia 4 sampai 5 tahun. Lalu, saat usia 6 tahun mereka sudah boleh naik satu tingkat ke Sekolah Dasar kelas 1 (satu). Sistem pendidikan di Kanada mencakup sekolah private dan sekolah swasta, termasuk perguruan tinggi / lembaga teknis, institut kejuruan, sekolah bahasa, sekolah menengah, dan kamp. musim panas.

 

  1. Korea Selatan
fditami.wordpress.com

Ternyata di negeri ginseng ini lamanya pendidikan wajib untuk para siswanya sama kayak di Indonesia, lho! 6 tahun untuk SD, 3 tahun untuk SMP, 3 tahun untuk SMA, dan 4 tahun untuk mereka yang melanjutkan ke Universitas. Hanya saja, jam belajar mereka sangaaaat padat bahkan bisa sampe 16 jam sehari! Coba bayangin, setengah hari kamu habiskan untuk belajar di sekolah, belum lagi bimbel atau les yang bisa di ikuti pelajar Korea Selatan. Bersyukur ya, di Indonesia nggak selama itu!

 

  1. Jepang
topiksekolahan.web.id

Negeri sakura ini memang terkenal dengan kualitas pendidikannya yang wajib diacungi jempol. Yang membuat sistem pendidikan di Jepang berbeda dengan Indonesia, yaitu tidak adanya sistem ujian kenaikan kelas dan ujian akhir, kamu bisa langsung naik kelas kalau sudah menyelesaikan proses belajar di kelas sebelumnya, untuk yang lulus bisa langsung memilih sekolah tujuannya. Hanya saja, pelajar di Jepang yang ingin masuk SMA harus mengikuti ujian masuk. Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan hasil ujian akhir untuk masuk ke SMA.

 

  1. Finlandia
penulispro.net

Finlandia di tetapkan sebagai Negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia oleh Economist Intelligence Unit of Pearson. Di Finlandia, kamu baru boleh sekolah kalau sudah berusia 7 tahun dengan jam belajar di sekolah cuma selama 5 jam! Bahkan, jam istirahat di sana juga lebih panjang di banding sekolah di Negara lain. Nggak Cuma itu, biaya pendidikan di Finlandia juga terjangkau, terutama sekolah negeri yang bebas dari biaya. Sama seperti di Jepang, Finlandia tidak menerapkan Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan siswanya. Karena menurut mereka, Guru paling tahu gimana cara mengevaluasi siswanya. Makanya, nggak heran kalau kualitas pendidikan di Finlandia jadi yang terbaik!

 

Kalau ada sistem pendidikan di Negara lain yang kamu suka, share ke kita di kolom komentar, ya!

One Reply to “Yuk, Tengok Sistem Pendidikan di Negara Lain!”

  1. indonesia harus nya bisa mencontoh cara pendidikan negara-negara yang telah disebutkan oleh artikel ini
    sangat bermanfaat menambah wawasan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.