Tips Belajar Kelompok Lebih Efektif dan Efisien

Selain bimbel, belajar kelompok bisa menjadi salah satu metode pilihan kamu untuk meningkatkan kemampuan belajar. Karena saat belajar kelompok, kamu bisa brainstorming alias bertukar pikiran. Kamu dan teman-teman bisa mendiskusikan suatu masalah dan mendapatkan solusi yang tepat.

Tapi, acara belajar kelompok yang sudah direncanakan biasanya berubah jadi ajang bercanda, mengobrol, atau ngerumpi. Kali ini, hiVAL mau bagi-bagi tips supaya waktu belajar kelompok nggak sia-sia dan menjadi lebih efektif juga efisien!

Mau tahu apa aja? Simak yang dibawah ini, yuk!

  1. Jangan Terlalu Banyak Anggota

Biasanya, semakin banyak jumlah anggota kelompok, semakin tinggi tingkat kemalasan kita. Dan satu kelompok belajar, cukup ada 5 (lima) orang. Kalo lebih, bisa-bisa kamu nggak fokus dan malah nggak jadi belajar kelompok.

  1. Tentukan Waktu Belajar

Jangan terlalu sering, tapi juga jangan terlalu jarang. Minimal pertemuan kelompok belajar di adakan 2 – 3 kali dalam seminggu. Yang terpenting, kamu juga harus memastikan jadwal teman-temanmu supaya nggak ada yang bentrok.

  1. Pilih Tempat Belajar

Salah satu keuntungan memiliki kelompok belajar adalah kamu bisa merasakan suasana yang baru setiap kali pertemuan. Kamu bisa belajar dari rumah satu ke rumah lainnya. Atau tempat lain yang memiliki suasana tenang dan nyaman; pas untuk belajar.

  1. Santai Tapi Fokus

Jangan terlalu serius! Ciptakan suasana yang santai tapi fokus saat belajar kelompok dengan teman-temanmu. Kalau terlalu serius, bisa-bisa kalian malah akan cepat bosan dan memilih untuk tidak melanjutkan belajar. Kamu bisa makan cemilan sambil bediskusi dengan teman-temanmu. Dengan begitu, kalian bisa fokus belajar, tapi masih dengan suasana yang santai.

  1. Saling Membantu

Karena tujuan dari belajar kelompok agar semua anggota bisa memahami materi belajar dengan baik, jadi, kamu jangan sungkan atau ragu untuk membantu temanmu yang masih belum paham. Kamu bisa menjelaskan materi dengan gayamu sendiri. Selain itu, semakin sering kamu menjelaskan pada temanmu, maka akan semakin dalam kamu menguasai materi tersebut.

Sudah punya kelompok belajarmu sendiri? Kalau belum, ayo ajak teman-temanmu untuk belajar bersama! Tapi, ingat, jangan sampai waktu belajar kelompokmu nanti jadi sia-sia, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.