Dilemma Pelajar: IPA atau IPS?

Cieeeee yang sebentar lagi resmi jadi pelajar berseragam abu-abu.

Sudah siap untuk memulai kehidupan baru sebagai anak SMA? Selain pelajaran yang lebih sulit, permasalahan yang biasanya kamu alami ketika masuk SMA adalah memilih jurusan peminatan, ya ‘kan? Hmm, kira-kira kamu bakal milih IPA atau IPS ya?

Sebenarnya, jurusan IPA atau IPS nggak masalah selama kamu menguasai setiap pelajarannya. Dengan adanya penjurusan ini, kamu akan lebih fokus mempelajari salah satu ilmu pengetahuan tertentu. Tapi, kamu nggak usah khawatir! Kali ini, hiVAL bakal ngajak kamu untuk melihat perbandingan jurusan IPA VS IPS supaya kamu nggak bingung menentukan pilihan. Check it out, guys!

  1. IPA
  • Biasanya, anak-anak IPA lebih jago dalam berhitung. Karena hampir semua pelajaran IPA lebih mengutamakan rumus-rumus berhitung dengan logika.
  • Di jurusan IPA, kamu akan bertemu dengan praktek langsung dibanding teori. Jadi, buat kamu yang suka bereksperimen, hiVAL saranin masuk IPA supaya ilmu pengetahuanmu lebih berkembang.
  • Saat masuk kuliah, kamu bisa masuk jurusan mana aja. Termasuk jurusan yang kebanyakan diambil anak IPS, lho.
  • Kalau kamu cenderung sering menggunakan otak kiri saat belajar, kamu cocok masuk IPA. Karena, otak kiri lebih sering digunakan untuk berhitung dengan logika yang urut.
  • Nggak semua orang yang pilih jurusan ini karena dia emang minat. Tapi bisa juga karena “paksaan” dari orang tua atau gengsi.
  • Biasanya, anak IPA terkesan lebih serius dibanding anak IPS. Jadi, usahakan kamu tetap have fun meskipun selalu dibanjiri dengan rumus-rumus.

 

  1. IPS
  • Banyak pelajar yang memilih jurusan IPS karena terkesan lebih “santai”, padahal nggak, lho. Meskipun IPS nggak selalu rumus, tapi kamu juga harus rajin belajar.
  • Di jurusan IPS, kamu akan lebih sering bertemu dengan teori dibanding praktek langsung sehingga kamu dituntut untuk bisa menghapal dan lebih memahami teori yang ada. Tapi, bukan berarti IPS nggak ada pelajaran berhitung, lho.
  • Karena IPS lebih sering belajar mengenai keadaan sosial, nantinya kamu akan jadi lebih mudah bersosialisasi di lingkungan baru, lho!
  • Pelajaran-pelajaran di jurusan IPS cenderung menggunakan otak kanan dengan logika berpikir yang tidak urut dan suka menghasilkan ide-ide kreatif. Cocok banget buat kamu yang nggak terlalu suka berpikir dengan serius.
  • Sayangnya, saat memilih jurusan peminatan di kuliah nanti, kamu sulit untuk memilih semua jurusan yang kamu mau. Karena ada beberapa jurusan yang mengharuskan kamu untuk lulusan IPA. Bukannya nggak bisa, lho, hanya saja sulit.
  • Yang terakhir, anak IPS biasanya terlihat lebih santai disbanding anak IPA. Hal ini karena mereka biasanya punya caranya sendiri untuk menghilangkan stress dari beban-beban tugas atau yang lainnya.

Apapun jurusan yang kamu ambil nanti sebenarnya sama-sama penting. Tapi, lihat juga batas kemampuanmu sampai dimana. Jangan lupa diskusikan dengan orangtua, ya!

Sebutin jurusan yang kalian mau di kolom komentar, yuk!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.