6 Study Hacks: Membantu Belajarmu Lebih Mudah dan Fun

Kita semua pasti pengen dong dapat nilai bagus bahkan kalau bisa, sih,  jadi juara kelas. Tapi, kamu masih merasa kesulitan belajar meskipun udah mencoba segala hal dari ngerangkum materi sampai belajar dari internet? Eits, santai aja! hiVAL punya 6 trik-trik yang jarang orang tau supaya belajar kamu semakin efektif dan makin mudah memahami pelajaran! Yuk, di scroll ke bawah!

  1. Metode Belajar Pomodoro

Teknik belajar Pomodoro yang diciptakan oleh Francesco Cirillo ini sangat efektif, lho. Teknik ini mengutamakan pengelolaan waktu dalam belajar dengan menggunakan timer yang ada di smartphonemu. Konsepnya, set timer selama 25 menit untuk belajar atau mengerjakan tugas, setelah timer berdering, kamu bisa istirahat selama 5 menit meskipun kerjaan kamu belum selesai. Ulangi lagi sampai kamu benar-benar selesai. Di pengulangan ke-3, kamu bisa ambil jeda istirahat lebih lama dari sebelumnya, sekitar 15 – 20 menit.

  1. Reward Yourself

Kalau kamu tipe pelajar yang malas baca buku pelajaran, kamu wajib coba trik berikut! Letakkan snack (permen, jelly, coklat, dan lainnya) di setiap paragraf yang ada di setiap halaman, lalu kamu bisa memakan snack itu sebelum mulai membaca. Selain kenyang, kamu juga bisa lebih termotivasi lagi saat belajar.

  1. MindMap

Kamu bisa membuat catatan dengan gayamu sendiri, lho. Salah satunya dengan Mind Map. Mindmap adalah cara baru mencatat suatu ide atau materi, tetapi hanya point-pointnya saja. Kamu juga bisa menambahkan gambar atau kreasi lainnya supaya catatanmu terlihat lebih menarik. Cara ini tentunya lebih efektif dibanding cara lama karena cara kerjanya sama seperti otak manusia sehingga kamu bisa lebih lama mengingat materi pelajaran. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kreativitas dan imajinasimu, lho.

  1. Permen Karet

Siapa yang tahu kalau permen karet ternyata bisa membantu kamu saat belajar? Menurut penelitian, mengunyah permen karet yang rendah gula ketika belajar dapat menurangi tingkat kartisol didalam tubuh sehingga kamu akan lebih fokus dan tidak mudah tegang. Selain itu, ada manfaat lainnya, lho, seperti meningkatkan memori, meningkatkan kesehatan mulut, dan sistem pencernaan.

  1. Mendengarkan Materi

Buat kamu yang malas baca, kamu bisa merekam suaramu sendiri atau suara gurumu ketika menerangkan pelajaran. Lalu kamu dengarkan rekaman itu setiap belajar. Kita cenderung lebih cepat mengingat sesuatu yang didengar daripada di baca, seperti halnya kita menghapal lirik lagu. Jangan lupa masukkan instrumental sebagai background supaya kamu nggak bosan.

  1. Color Coding

Siapkan highlighter lebih dari satu dan dalam beberapa warna. Nantinya, kamu bisa menggunakan highlighter tersebut untuk menandai kata-kata yang penting atau sulit yang ada dibukumu. Pilih warna yang berbeda untuk setiap tingkat kesulitan.

 

Kamu bisa coba trik-trik diatas supaya belajarmu lebih efektif. Oh ya, kalau kamu punya trik lainnya, boleh tulis di kolom komentar bawah, ya. Siapa tahu bisa membantu teman Hi-Mates lainnya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.