5 Makanan Ini Bikin Kamu Makin Cerdas, Lho!

Makanan yang kamu konsumsi setiap hari pastinya mengandung nutrisi. Tapi, apa kamu yakin nutrisi dalam makanan itu bisa menambah daya ingat atau menguatkan kecerdasanmu?

Apalagi, bagi seorang pelajar seperti kamu, memiliki daya ingat yang kuat dan tajam sangat penting dan wajib hukumnya, apalagi saat belajar. Karena hal itu tentunya akan membuatmu lebih mudah memahami pelajaran dan siapa tau kamu bakal jadi juara kelas!

Nah, dibawah ini hiVAL punya lima daftar makanan yang akan menambah daya ingat dan bikin kamu lebih cerdas, lho! Segera dicatat, ya!

  1. Gandum

Selain karbohidrat dari nasi, kamu juga bisa mendapatkan energi dari gandum, lho! Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari gandum untuk sarapan agar asupan energimu tetap terjaga sepanjang hari, seperti roti gandum. Hal ini di karenakan sumber karbohidrat kompleks yang terkandung didalam gandum dicerna lebih lambat dalam tubuh dibanding dengan nasi biasa. selain itu, makanan yang terbuat dari gandum juga memiliki kandungan serat dan protein yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuhmu!

Ssst, Hi-Mates, jangan lupa sarapan sebelum ke sekolah, ya. Karena sarapan sangat penting untuk menambah energy kita dalam meningkatkan kekuatan otak.

  1. Salmon

Kamu pasti sering ‘kan lihat iklan vitamin dengan tulisan “mengandung omega-3” yang gede banget hampir setengah iklannya? Yups, omega-3 atau DHA dan EPA emang penting banget untuk otak. Ibaratnya, kayak makanan pokok gitu, deh. Apalagi bagi pelajar seperti kamu.

Salah satu makanan yang mengandung omega-3 terbaik adalah ikan salmon. Dengan mengonsumsi iklan salmon, kamu akan mampu berpikir lebih tajam karena omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otakmu, lho!

  1. Kacang

Meskipun kacang biasanya dimakan sebagai cemilan, tapi ternyata kandungan nutrisi yang ada di dalam kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan otakmu, lho! Setiap kacang tentunya mengandung nutrisi yang berbeda-beda tetapi manfaatnya sama-sama penting. Seperti kacang kenari yang mengandung omega-3, omega-6, dan vitamin E. Kacang mede yang kandungan magnesiumnya tinggi. Kacang almond yang menjadi sumber fenilalanin uuntuk meningkatkan daya ingatmu. Atau kacang pecan yang mengandung nutrisi penting seperti kolin yang berguna untuk meningkatkan perkembangan otakmu. Masih banyak jenis kacang-kacang lainnya yang kaya manfaat, lho.

  1. Telur

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Hampir semua orang menyukai makanan yang berbahan dasar dari telur. Karena selain mudah didapat dan bisa dijadikan masakan apa saja, telur juga mengandung protein yang tinggi. Terutama bagian kuning telur yang kaya akan kolin yang akan meningkatkan memori dan perkembangan otakmu. Nggak cuma itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang akan mencegan penuaan otak, lho. Wah, nggak nyangka ya!

  1. Sayuran dan Buah

Hindari junk food, perbanyak makan buah dan sayuran, ya. Karena ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam satu buah atau sayur. Kandungan nutrisi ini tentunya akan meningkatkan kinerja otakmu dan kesehatan tubuhmu, lho. Misalnya seperti kandungan Vitamin K, kolin, dan antioksidan dalam brokoli yang akan meningkatkan fungsi kognitif otak. Atau bayam yang mengandung zat besi yang akan membuatmu lebih fokus ketika belajar. Tomat juga mengandung antioksidan yang membuat otak kita lebih sehat dan selalu fresh.

 

Nah, mulai sekarang, perhatikan pola dan nutrisi yang ada didalam makananmu, yuk. Karena bukan hanya tubuhmu saja yang butuh asupan, tapi otakmu juga butuh asupan nutrisi supaya lebih berkembang.

 

Tulis makanan lainnya yang menurutmu membantu perkembangan otak agar kamu lebih fokus saat belajar di kolom komentar bawah, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.